visi misi tujuan sasaran & strategi pencapaian

STANDAR 1
VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

1.1    Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian

1.1.1    Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

Visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) disusun dengan melibatkan berbagai pihak yaitu stakeholders internal dan stakeholders eksternal. Mekanisme yang ditempuh dalam menyusun visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi PGMI yaitu sebagai berikut:
1)    Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan meminta ketua Program Studi  PGMI untuk mengusulkan nama-nama personalia tim penyusun visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi.
2)    Ketua Program Studi mengajukan permohonan pembentukan tim beserta usulan nama-nama personalianya yang merepresentasikan keterwakilan berbagai unsur yaitu pimpinan, guru besar, dosen senior, dosen junior, pegawai/karyawan, mahasiswa, alumni, Kantor Kementerian Agama, Kepala Sekolah Dasar dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah.
3)    Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menerbitkan SK tentang tim panitia penyusun.
4)    Tim panitia melakukan serangkaian pertemuan dan rapat, dalam rangka menghasilkan draf visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi PGMI.
5)    Draf tersebut dibahas dalam forum diskusi/lokakarya yang membuka partisipasi para pihak yang lebih luas, untuk kemudian direvisi sesuai dengan hasil diskusi/lokakarya.
6)    Tim penyusun melakukan finalisasi rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi PGMI, untuk kemudian dibawa dan disahkan dalam forum Rapat Senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
7)    Berdasarkan persetujuan senat, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menerbitkan SK tentang penetapan visi,misi, tujuan dan sasaran Program Studi PGMI.
1.1.2  Visi
Visi Program Studi PGMI yaitu: Terwujudnya Program Studi yang unggul dan kompetitif di tingkat nasional dalam menghasilkan guru kelas MI/SD yang profesional dan berakhlak mulia pada tahun 2020.
Visi ini sangat terukur dan realistis.  Visi ini menggambarkan orientasi ke masa depan yang diharapkan Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung.  Keunggulan Program Studi PGMI yang hendak dicapai itu berfokus pada pengkajian, pengembangan, pengintegrasian, dan pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pembelajaran di MI/SD. Pencapaian dimaksud akan terealisasi pada tahun 2020.
Keterkaitan visi ini dirumuskan dengan merujuk kepada visi Fakultas dan visi IAIN Raden Intan Lampung.  Visi ini juga merupakan hasil analisis atas kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki dan dihadapi Program Studi PGMI, sekaligus juga merupakan kajian terhadap visi sebelumnya. Lebih dari itu, dikaji pula visi dan misi dari berbagai perguruan tinggi lain yang mengembangkan kajian dalam Program Studi PGMI. Hal ini dapat dilihat pada tabel keterkaitan sebagai berikut:

Visi Program Studi PGMI    Visi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan    Visi
IAIN Raden Intan
Terwujudnya Program Studi yang unggul dan kompetitif di tingkat nasional dalam menghasilkan guru kelas MI/SD yang profesional dan berakhlak mulia pada tahun 2020.    Terwujudnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang unggul dan kompetitif dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan keislaman yang integratif dan holistik ditingkat Nasional pada tahun 2028.    Menjadi pusat pengembangan ilmu-ilmu ke-Islaman multi disipliner yang unggul dan kompetitif

1.1.3  Misi
Misi PGMI adalah:
1)    Menyelenggarakan Program Studi PGMI yang berorientasi pada kurikulum yang terintegrasi antara wawasan IPTEK dan IMTAQ.
2)    Melakukan penelitian bidang Pendidikan Dasar sebagai upaya pengembangan Program Studi PGMI dan terapannya.
3)    Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui kegiatan magang kependidikan dalam upaya menerapkan ilmu Pendidikan Dasar  kepada tenaga pendidik dan masyarakat luas.
4)    Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjamin kemutakhiran ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang dapat diimplementasikan oleh dosen dan mahasiswa dengan cepat dan tepat sasaran serta bermanfaat untuk orang banyak.

1.1.4  Tujuan
Tujuan PGMI adalah:
1)    Menghasilkan pendidik dalam bidang Pendidikan Dasar yang berakhlak mulia, berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif-inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
2)    Menghasilkan peneliti dalam bidang Pendidikan Dasar yang berakhlak mulia, berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif-inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
3)    Menghasilkan konsultan dan praktisi dalam bidang Pendidikan Dasar yang berakhlak mulia, berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif-inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
4)    Merealisasikan visi dan misi PGMI tentang penyelenggaraan pendidikan akademik, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan Dasar.


1.1.5  Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Untuk mencapai tujuan sebagaimana tercantum pada butir nomor 1.1.4 di atas Program Studi PGMI memiliki sasaran dan strategi pencapaian sebagai berikut.

Sasaran
    Untuk mencapai misi tersebut maka sasaran Program Studi PGMI sebagai berikut:
1)    Melaksanakan pendidikan dan Pendidikan Dasar sesuai dengan keahlian masing-masing.
2)    Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan dan Pendidikan Dasar.
3)    Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan jalan memberikan penataran dan penyuluhan dalam bidang Pendidikan Dasar.
4)    Melaksanakan pembinaan civitas akademika dalam bentuk peningkatan kegiatan akademik.
5)    Menghasilkan lulusan S1 yang mampu mengimplementasikan konsep-konsep Pendidikan Dasar dalam kehidupan sehari-hari.
6)    Menghasilkan lulusan S1 yang berkepribadian baik dan mampu mengajar di Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar.
7)    Menghasilkan lulusan S1 yang mampu mengaktualisasikan dirinya dalam lingkup PGMI.
8)    Menghasilkan lulusan S1 yang mampu memenangkan persaingan di pasar kerja global.
9)    Menghasilkan lulusan S1 yang mampu mengembangkan pendidikan dan Pendidikan Dasar dengan basis teknologi informasi.

Strategi Pencapaian
Untuk mencapai tujuan, berdasarkan sasaran di atas, Program Studi PGMI memiliki strategi pencapaian sebagai berikut:
(1)    Program: Akademik dan Peningkatan Mutu SDM
1)    Tahapan Strategi dari Tahun 2012 s/d 2016
Menata struktur mikrokurikulum Program Studi PGMI, pada tahun 2012 dan tahun 2016.
2)    Melibatkan berbagai stakeholder dan asosiasi Program Studi PGMI dalam pemutakhiran kurikulum Program Studi PGMI.
3)    Mendorong dosen untuk meningkatkan kompetensi keilmuan melalui studi lanjut S3 pendidikan Dasar atau ilmu lain yang dapat mendukung Program Studi PGMI. (tahun 2020, ditargetkan 90% dosen Program Studi PGMI sudah menempuh S3)
4)    Mendorong dosen untuk melakukan penelitian kependidikan, pengabdian masyarakat, menulis karya ilmiah, dan mempublikasikannya pada jurnal atau media ilmiah (lokal, Nasional dan Internasional), tahun 2012 s/d 2020.

(2)    Program: Penelitian
1)    Melakukan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa tingkat akhir (yang sedang menyusun tugas akhir) sesuai dengan payung penelitian di program studi, fakultas, universitas, dan luar PT, pada tahun 2015 s/d sekarang.
2)    Memberikan mata kuliah yang berhubungan dengan berbagai konsep penelitian dalam bidang Pendidikan Dasar kepada mahasiswa secara parsial atau utuh.
3)    Melaksanakan riset sebagai tugas akhir mahasiswa pada tahun keempat sambil tetap menempuh mata kuliah yang bersifat teoritis dan aplikatif.
4)    Mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi magang dalam penulisan tugas akhir dan penelitian eksternal IAIN Raden Intan Lampung didampingi oleh ahli bidang Pendidikan Dasar.
5)    Menyusun artikel ilmiah bidang Pendidikan Dasar oleh mahasiswa yang dimuat dalam jurnal ilmiah lokal, nasional, internasional, baik yang terakreditasi maupun yang belum terakreditasi, pada tahun 2015 s/d sekarang.
(3)    Program: Pengabdian Kepada Masyarakat
1)    Memetakan payung pengabdian kepada masyarakat (abdimas) dosen dan mahasiswa.
2)    Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan abdimas dosen, baik di dalam program studi maupun berkolaborasi lintas program studi, lintas fakultas/ lembaga lain didampingi oleh LP2M IAIN Raden Intan Lampung
3)    Dosen melaksanakan kegiatan abdimas, seperti Pendampingan Kurikulum 2013 ke sekolah sasaran di beberapa wilayah di Provinsi Lampung.
4)    Mahasiswa dibekali mata kuliah wajib berciri IAIN, yaitu KKN Tematik dan KKL, serta mata kuliah pilihan wajib dari Program Studi PGMI, seperti Pembelajaran yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman.
5)    Para dosen diberikan workshop penyusunan proposal kegiatan LP2M dan pendampingan hingga pelaporan kegiatan LP2M.
6)    Mengembangkan sekolah binaan atau lembaga swadaya binaan Program Studi PGMI.

(4)    Program: Akademik dan Tata Kelola
1)    Melatih mahasiswa dengan keahlian dan keterampilan menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran kontekstual yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.
2)    Melatih mahasiswa dengan seminar atau lokakarya keterampilan Menulis artikel Ilmiah agar mampu menulis karya ilmiah yang pada akhir perkuliahan diseminasikan.
3)    Membekali mahasiswa dengan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Program Studi (PKMPS) agar dapat terlibat dalam organisasi kemahasiswaan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan akademik di bawah payung organisasi mahasiswa (ormawa) program studi, fakultas, dan institut.
4)    Membekali para pemimpin jurusan dan kepala TU dengan pelatihan manajemen mutu jurusan.
5)    Melatih para dosen dengan pelatihan peningkatan kinerja akademik dosen dan penulisan artikel ilmiah untuk jurnal terakreditasi.
6)    Melaksanakan kegiatan forum ilmiah dosen secara berkala.
7)    Melaksanakan kegiatan diskusi ilmiah mahasiswa secara berkala.
8)    Menerbitkan jurnal ilmiah program studi, yaitu Jurnal TERAMPIL secara berkala.
9)    Mengirim dosen sebagai narasumber, pembicara, pemakalah dalam kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, baik lokal, nasional, maupun internasional, pada tahun 2012 s/d sekarang.
10)    Melaksanakan kegiatan seminar, lokakarya, konferensi, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional, sehingga artikel ilmiah yang telah diseminasikan bisa dimuat dalam jurnal ilmiah di Program Studi PGMI.

(5)    Program: Pencitraan Publik
1)    Memberikan mata kuliah bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum yang wajib diikuti mahasiswa sehingga mahasiswa mudah memahami teks/ sumber referensi dalam bahasa Inggris.
2)    Memberikan pelatihan keahlian dan keterampilan penguasaan konsep-konsep Pendidikan Dasar untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari.
3)    Memberikan pelatihan bahasa Inggris agar mahasiswa dan dosen mampu berkomunikasi di tingkat internasional dan menyeminasikan hasil penelitian dalam seminar internasional di luar negeri.

(6)    Program: Kerja Sama
1)    Melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, Pemerintah Daerah Kabupaten Kota Se-provinsi Lampung.
2)    Melakukan kerja sama dengan Bank BRI, BCA, dan BI dalam pemberian beasiswa mahasiswa berprestasi.
3)    Melakukan kerja sama dengan Mapenda Kementerian Agama Provinsi Lampung dan Madrasah Se-provinsi Lampung dalam hal Program Praktek Lapangan (PPL)
4)    Melakukan kerja sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia pada tahun 2012 s/d 2016 dalam bidang pengembangan IT LPTK.
5)    Melakukan kerja sama dengan Pemerintah Malaysia pada tahun 2012 s/d 2016 dalam bidang pertukaran mahasiswa dan bidang penelitian.
6)    Melakukan kerja sama dengan Pemerintah Thailand 2012 s/d 2016 dalam bidang pemberian mahasiswa Thailand di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
7)    Melakukan kerja sama dengan Jose Rizal University, Phillipine pada tahun 2012 s/d 2016 dalam bidang pertukaran mahasiswa, dosen  dan bidang penelitian.

(7)    Program: Akademik, Pencitraan Publik, dan Kerja Sama
1)    Membekali mahasiswa dengan mata kuliah yang mengarah pada mengimplementasikan konsep dan teori PGMI dalam pembelajaran Dasar sebagai bekal menjadi guru.
2)    Melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) pada semester ganjil.
3)    Melakukan lebih banyak kerja sama dengan sekolah mitra sebagai lokasi pelaksanaan PPL.
4)    Mendatangkan guru pamong dan kepala sekolah mitra untuk sosialisasi kompetensi profesional yang wajib dimiliki mahasiswa calon guru.
5)    Membentuk jaringan kemitraan dengan Puskurbuk, P4TK, LPMP Provinsi Lampung dalam mengimplementasikan berbagai kemampuan mahasiswa dan dosen.

(8)    Program: Akademik
1)    Membekali mahasiswa dengan mata kuliah yang relevan dengan lingkup bidang Pendidikan Dasar untuk memenuhi kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian baik sebagai pengajar, konsultan, maupun praktisi, sehingga lulusan mampu menjadi pengajar profesional untuk tingkat SD, peneliti, konsultan, dan praktisi di bidang PGMI di dalam dan luar negeri
2)    Memberikan pembelajaran dengan bahasa asing (bilingual/ indonesia-inggris) kepada mahasiswa sehingga diharapkan lulusan Program Studi PGMI IAIN RADEN INTAN LAMPUNG mampu mengajar siswa asing atau mengajar di sekolah-sekolah berbasis internasional (bilingual).

(9)    Program: Kerja Sama dan Pencitraan Publik
1)    Memberikan mata kuliah pilihan wajib yang membekali mahasiswa mampu bersaing di pasar kerja global.
2)    Mengajarkan kewirausahaan dalam organisasi kemahasiswaan dan akademik di Program Studi PGMI.
3)    Meningkatkan jalinan kemitraan dengan Ikatan Alumni Program Studi PGMI, khususnya dalam bursa kerja.
4)    Menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga kewirausahaan yang relevan dengan visi misi Program Studi PGMI.

(10)    Program: Teknologi Informasi dan Komunikasi
1)    Memberikan mata kuliah yang mengarah pada pengembangan pendidikan dan Pendidikan Dasar dengan basis teknologi informasi.
2)    Mengupayakan semua mata kuliah menjadi berbasis teknologi informasi.
3)    Menghasilkan lulusan S1 yang mampu mengembangkan pendidikan dan Pendidikan Dasar dengan basis teknologi informasi
4)    Memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis TIK kepada mahasiswa dan Dosen.
5)    Memberikan workshop pembelajaran Dasar berbasis teknologi informasi dan komunikasi kepada dosen dan mahasiswa.

1.2    Sosialisasi
        Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
 Sosialisasi visi, misi, dan tujuan program studi dilakukan melalui berbagai cara:
1)    Sosialisasi setiap awal tahun akademik pada kegiatan kuliah ta’aruf  bagi semua mahasiswa baru.
2)    Sosialisasi melalui buku pedoman akademik yang dibagikan kepada seluruh mahasiswa dan melalui renstra yang dibagikan kepada civitas akademika Prodi PGMI.
3)    Penempelan visi, misi, dan tujuan Program Studi PGMI di dinding-dinding kelas, ruang dosen, dan ruang staf kependidikan.
4)    Penayangan di laman IAIN Raden Intan (http://iainradenintan.ac.id).
5)    Sosialisasi kepada para mahasiswa baru dalam kegiatan Masa Perkenalan Akademik.
6)    Sosialisasi kepada para alumni yang terhimpun dalam kegiatan Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung (IKAM Lambar, IKAM Lamsel, IKAM Lamtim, dll).
7)    Sosialisasi kepada dewan dosen dan tenaga kependidikan Program Studi PGMI dalam rapat-rapat jurusan.
8)    Sosialisasi kepada pengguna melalui tayangan di laman program studi atau dalam pertemuan-pertemuan dalam menjalin kerja sama (KKL, PPL, dan KKN).
9)    Sosialisasi kepada para pengurus Himpunan Mahasiswa PGMI dan instansi yang bekerja sama dengan Himatika melalui latar belakang kegiatan dalam proposal-proposal/TOR-TOR kegiatan HMJ.

Pemahaman civitas akademika terlihat pada:

Dosen:
Berdasarkan hasil survey dosen tetap tahun 2016 diperoleh data bahwa 100% dapat aktif menjelaskan  visi, misi, dan tujuan PGMI dan dituangkan dalam penyusunan SAP, silabus, bahan ajar, media, dan  evaluasi dosen, begitu pula pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan oleh para dosen diarahkan untuk mencapai visi, misi dan tujuan Program Studi PGMI.

Mahasiswa:
Berdasarkan hasil survey terhadap mahasiswa tahun 2016 diperoleh data bahwa 90% mahasiswa hapal visi, misi, dan tujuan PGMI dan diimplementasikan pada kegiatan mahasiswa dalam kelas dan praktik di luar kelas (PPL) dilaksanakan oleh mahasiswa dalam rangka pencapaian visi, misi, dan tujuan Program Studi PGMI.
Tenaga kependidikan:
Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi kinerja terhadap staf administrasi tahun 2016 diketahui bahwa 90% mereka mempunyai pemahaman yang baik tentang visi, misi dan tujuan Program Studi PGMI. Hal ini ditunjukkan dengan etos kerja yang baik dalam melaksanakan tugas.

Alumni:
Sebagian besar alumni melakukan pengabdian dalam bidang pendidikan sesuai visi, misi, dan tujuan yang diharapkan.
First
2 Komentar
avatar

Saya mau bertanya ini,saya pernah waktu 2013 itu mau mendaftar untuk ikut CPNS di daerah malili sulawesi selatan tapi tidak diterim Karena katax jurusanku itu guru agama jadi harus mendaftar kalo bagian depag yg membuka lowongan klo sperti diterima untuk jurusan PGSD berarti PGMI gk masuk��,padahal sya px akta IV untuk mengajar di MI/SD tapi sayang saya ditolak mentah2 saat itu bersama kedua teman saya��
Jadi saya mohon pencerahannya apa iya yg jurisan PGMI itu hx boleh ngajar di sekolah MI dan bukan umum??

Balas
avatar

lulusan PGMI
boleh mengajar di PGMI maupun SD
Negeri dan Swasta bisa ...
terimkasih

Balas